Menyajikan ragam tips kecantikan, cara merawat kulit dan wajah secara alami, serta informasi kesehatan serta trends fashion terbaru.

Tips Mencegah Uban Tumbuh dan Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Tips Mencegah Uban Tumbuh dan Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Tips Mencegah Uban Tumbuh dan Cara Menghilangkan Uban Secara Alami - Berikut adalah beberapa tips mencegah uban tumbuh sebelum waktunya khususnya bagia kaum muda. Serta beberapa cara menghilangkan uban dengan menggunakan bahan bahan alami.

Uban identik dengan penuaan dan pastinya ini hal paling menakutkan bagi sebagian orang dimana uban mulai bermunculan di antara rambut tebal yang hitam. Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Namun, uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis. Rambut putih di antara rambut gelap menunjukkan folikel tidak lagi sehat seperti dulu. Anda perlu memberikan perawatan dalam rangka mencegah rambut putih mati.

Tips Mencegah Uban Tumbuh


Berhenti Merokok

Merokok terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Dengan berhenti merokok makan dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat munculnya uban. Seorang perokok mengalami uban lebih dini dibandingkan orang tidak merokok.

Tidurlah yang cukup

Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stres. Selain itu, tidur yang cukup akan membuat anda tampak awet muda.

Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12 dan Omega 3

Kekurangan vitamin B12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan dan daging domba dan unggas.

Sebaiknya juga memperbanyak kandungan tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede dan kacang almond.

Tingkatkan sirkulasi darah

Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut.

Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

Hindari kebiasaan mencabut uban

Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut terlihat menghiasi rambut. Padahal, tidak dianjurkan mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu.

Pertumbuhan rambut dibedakan menjadi tiga fase. Pertama, fase pertumbuhan atau anagen yang membutuhkan waktu 2-6 tahun.

Kedua, fase katagen selama 3-6 minggu. Ketiga, fase telogen yaitu masa ketika rambut telah tumbuh dan terus memanjang sehingga akhirnya rontok.

Setelah melewati fase ketiga, rambut mulai kembali pada fase pertumbuhan dari tahap pertama. Begitu juga dengan uban, yang lama kelamaan akan rontok sehingga biarkan saja rambut berproses secara alami dan tidak dipaksakan untuk mencabut uban.

Warnai rambut

Namun jika uban sudah terlanjur tumbuh dan banyak, cara-cara pencegahan di atas tidak bisa dilakukan. Anda hanya bisa melakukan pengecatan rambut.

Sebaiknya gunakan pewarna rambut yang bagus sehingga tidak merusak rambut. Anda juga bisa mewarnai rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti kemiri dan biji pepaya.

Konsumsi mikronutrien

Terkadang kekurangan mikronutrien tertentu seperti zat tembaga dalam makanan menyebabkan rambut berubah karena produksi melanin menurun. Karena itu dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat tembaga seperti lobak hijau, kacang lima, bayam, berry hitam, nenas, delima, kacang almond, biji labu dan daging.

Cara Menghilangkan Uban Secara Alami


Biji Pepaya

Pada zaman dahulu kala, para raja menggunakan bahan-bahan alami pewarna rambut seperti biji pepaya. Caranya dengan menyangrai terlebih dahulu biji pepaya, kemudian tumbuk sampai halus dan tambahkan minyak kelapa. Olesi ke seluruh bagian rambut dan lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Daun Rambutan

Daun rambutan juga dipercaya sejak dahulu kala akan manfaatnya dalam menghitamkan rambut secara alami. Caranya dengan menumbuk halus daun rambutan, lalu tambahkan air, saring dan air perasan tersebut bisa diaplikasikan pada rambut, lantas dibilas dengan air.

Teh Basi

Teh basi mengandung zat polifenol yang berguna sebagai "makanan pigmen" artinya jika pigmen rambut sudah aktif maka perlu dilakukan perawatan supaya pigmen yang telah aktif dapat kembali lemah akibat paparan polusi , asap rokok, dan zat kimia berbahaya lainnya. Memakai teh basi ini juga dapat mengurangi racun yang menumpuk di rambut yang bisa menyebabkan uban dini. Caranya dengan mendiamkan air teh selama satu hari. Kemudian esok harinya gunakan untuk keramas.

Konsumsi makanan yang mengandung tembaga

Berkurangnya asupan mineral tembaga dapat mengakibatkan produksi melanin menurun. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi. Dianjurkan juga memperbanyak minum air putih. Kurangi kafein dan alkohol, serta tingkatkan konsumsi air. Kurangi mengkonsumsi gorengan, makanan pedas dan asam setiap harinya. Hal tersebut dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban, yang dapat menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.

Itulah beberapa Tips Mencegah Uban Tumbuh dan Cara Menghilangkan Uban Secara Alami yang bisa membantu kamu untuk menghindari munculnya uban sejak dini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tips Mencegah Uban Tumbuh dan Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown