Menyajikan ragam tips kecantikan, cara merawat kulit dan wajah secara alami, serta informasi kesehatan serta trends fashion terbaru.

Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa - Selain masalah bibir kering dan pecah pecah saat berpuasa di bulan Ramadan ini, masalah lain yang sering dikhawatirkan mereka yang berpuasa adalah bau mulut. Tentunya kondisi seperti ini akan membuat kita kurang nyaman dan kurang percaya diri saat sedang berbicara dengan orang lain. Bau tidak sedap dari mulut saat puasa adalah kondisi yang wajar dimana produksi air liur menjadi lebih sedikit dan dapat membuat mulut menjadi kering.

Lalu apa saja penyebab munculnya bau tidak sedap dari mulut saat puasa dan bagaimana cara mengatasi bau mulut pada saat puasa sedang berjalan? dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengatasinya serta beberapa penjelasan tentang faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya bau mulut di bulan Ramadan.

Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa


  • Kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman manis pada saat berbuka puasa dapat menyebabkan nyeri terutama pada gigi berlubang dan berkontribusi pada bau mulut.
  • Didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.
  • Ketika tidak berpuasa makan, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.
  • Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa


Air Putih

Minumlah air putih yang cukup pada saat sahur dan berbuka, untuk mencegah mulut kering. Salah satu penyebab bau mulut pada saat berpuasa disebabkan oleh mulut mengalami kekeringan akibat kurangnya cairan ludah (saliva). Minum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya.

Olah Raga

Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Menggosok Gigi dan Lidah

Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah setelah sahur, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Dua sumber utama bau mulut ialah bakteri dan sisa makanan yang membusuk, maka dari itu diperlukan perawatan yang teratur dengan cara menyikat gigi, bisa juga menggunakan dental floss (benang gigi), untuk bisa menjangkau sisa makanan yang terselip di antara gigi yang menyebabkan bau tidak sedap.

Teh Hijau

Minumlah teh hijau tanpa gula saat berbuka puasa, karena teh hijau diketahui memiliki kandungan zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Hindari Makanan Yang Lengket

Hindari makanan yang lengket seperti cokelat, es krim, biskuit dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.

Kurangi Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Kurangi makanan yang mengandung banyak gula, karena makanan manis bisa menyebabkan nyeri pada gigi berlubang sehingga dapat menimbulkan bau mulut.

Itulah beberapa Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa yang bisa kamu lakukan, jika cara diatas belum memberikan hasil maksimal maka dianjurkan untuk konsultasi ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh seperti penyakit maag, gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Windra Dwi