Menyajikan ragam tips kecantikan, cara merawat kulit dan wajah secara alami, serta informasi kesehatan serta trends fashion terbaru.

Perawatan Jerawat

Perawatan Jerawat

Perawatan Jerawat - Jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang muncul karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Memang jerawat bukanlah suatu penyakit yang dapat mematikan namun faktanya bahwa jerawat dapat merusak penampilan sesorang sehingga membuat mereka kurang percaya diri.

Penyebab jerawat

Umumnya jerawat muncul pada masa pubertas yang disebabkan karena tidak adanya keseimbangan hormon, serta pembentukan hormon-hormon dewasa, hormon-hormon ini menyebabkan sebaceous kelenjar penghasil sebum pada kulit menjadi lebih aktif. Kenaikan aktifitas kelenjar ini mengakibatkan produksi sebum minyak pada wajah juga meningkat. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan menjadi satu bergabung dengan kotoran serta sel kulit mati sehingga menyumbat terjadi penyumbatan pori-pori. Penyebab lain munculnya jerawat adalah akibat sel-sel kulit mati, bakteri, kosmetik, obat-obatan, stres.

Tipe Jerawat

Jerawat Biasa (Whitehead)

Jenis jerawat yang pertama adalah jerawat whitehead komedo yang tertutup. Jerawat ini disebabkan karena pori-pori yang tersumbat namun tidak mengalami peradangan. Whitehead biasanya terperangkap di bawah permukaan kulit dan tertutupi pori-pori. Biasanya jerawat ini berwarna seperti kulit dan sedikit menonjol dengan warna kepala berwarna putih kemerahan.

Komedo (Blackhead)

Jenis jerawat yang kedua adalah jerawat blackhead atau komedo terbuka. Jerawat ini serupa dengan jerawat whitehead, yang menjadikannya berbeda adalah puncak atau kepala jerawat ini terbuka dan terekspos udara bebas. Udara mengoksidasi sebum dan keratin yang terperangkap dalam lapisan kulit sehingga menyebabkan jerawat ini berwarna hitam sesuai namanya.

Jerawat batu (Cystic acne)

Yang ketiga adalah jerawat batu atau cyst. Tidak seperti kedua jerawat di atas jerawat ini diikuti peradangan yang hebat. Peradangan biasanya terjadi karena dinding folikel terpecah dan mengeluarkan cairan ke kulit. Nah, sistem kekebalan kita akan bereaksi terhadap proses tersebut sehingga timbulah radang.

Perawatan Jerawat

Resep Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Resep Alami Cara Menghilangkan Jerawat Membandel
Cara Ampuh Untuk Mencegah Bekas Jerwat di Wajah

Perawatan Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown